Ramai Crazy Rich Pindah ke Sini, Harga Rumah Tembus Rp 317 M

Ramai Crazy Rich Pindah ke Sini, Harga Rumah Tembus Rp 317 M

 Former US President Donald Trump's residence in Mar-A-Lago, Palm Beach, Florida on August 9, 2022. - Former US president Donald Trump said August 8, 2022 that his Mar-A-Lago residence in Florida was being Beberapa orang super kaya dunia dilaporkan telah mengalihkan fokusnya untuk memiliki properti di sini. Wilayah itu adalah Florida Selatan di Amerika Serikat (AS).

Hal ini pun telah mengerek https://pengempulkas138.store/ harga properti di wilayah tropis tersebut. Data dari dua konsultan properti, Douglas Elliman dan Miller Samuel, yang dikutip CNBC International Jumat (20/10/2023) menunjukan, harga jual rata-rata rumah di Palm Beach mencapai US$ 20 juta (Rp 317 miliar) pada kuartal ketiga 2023.

Harga rata-rata per kaki persegi rumah yang dijual di Palm Beach juga telah mencapai US$ 4,554. Ini 2,5 kali lebih mahal daripada Manhattan, New York.

“Harganya luar biasa. Persediaannya sangat terbatas, terutama pada kelompok dengan kekayaan bersih sangat tinggi, di mana semua pelanggannya berbondong-bondong mencari properti tepi danau atau tepi pantai yang menakjubkan,” kata Chris Leavitt, broker terkemuka Palm Beach di Douglas Elliman.

Leavitt menambahkan rendahnya persediaan akan terus memberikan tekanan pada harga. Ini membuat properti di prime area itu menjadi mahal bahkan bagi para multijutawan.

“Anda masih bisa menemukan rumah bagus di sini dengan harga di bawah $10 juta. Saya tahu ini terdengar seperti alam semesta alternatif. Karena ya, ini adalah alam semesta alternatif,” tambahnya.

Pertumbuhan rumah mewah di Florida Selatan didorong oleh perpindahan jutawan dan miliarder dari negara-negara bagian dengan pajak tinggi seperti New York, New Jersey dan California. Karena pembeli yang sangat kaya biasanya membayar tunai untuk real estate mereka, mereka tidak terlalu terpengaruh oleh melonjaknya suku bunga hipotek.

“Palm Beach hanya memiliki 53 rumah di pasar pada kuartal ketiga, turun 61% dari tingkat sebelum pandemi. Kekurangan rumah yang terdaftar telah mengurangi jumlah penjualan, yang turun 31% selama setahun terakhir,” kata CEO Miller Samuel, Jonathan Miller.

Pada akhir Juli, rumah tepi laut yang terakhir dibeli seharga US$ 7,4 juta (Rp 117 miliar) dijual dengan harga sekitar US$ 50 juta (Rp 793 miliar). Penjualnya adalah mendiang distributor minuman keras James Tigani, Jr., dan pembelinya dilaporkan adalah investor ventura Harvey Jones.

Taipan mode Tommy Hilfiger misalnya, pada musim panas ini menjual rumah besar di Palm Beach seharga US$ 41,4 juta (Rp 656 miliar). Ini kurang dari enam bulan setelah dia membelinya seharga US$ 36,9 juta (Rp 585 miliar).

Rekor penjualan rumah termahal di Palm Beach terjadi pada bulan April. Saat itu, juragan dealer mobil mewah Michael Cantanucci membayar US$ 170 juta (Rp 2,7 triliun) untuk sebuah rumah tepi pantai seluas 1,6 hektar.

Sementara itu, untuk daerah lainnya, Miami Beach, juga dilaporkan kenaikan nilai rumah hingga 62%. Douglas Elliman dan Miller Samuel menyebutkan harga rata-rata real estate mewah di Miami Beach mencapai rekor US$ 25 juta (Rp 396 miliar).

Miliarder teknologi Eric Schmidt dan istrinya adalah miliarder terbaru yang mulai mengumpulkan koleksi real estate di Miami. Para broker mengatakan pasangan ini telah membeli lebih dari setengah lusin rumah di Sunset Islands, menghabiskan lebih dari US$ 140 juta (Rp 2,2 triliun).

Miliarder hedge-fund Ken Griffin terus memperluas jejaknya di Star Island, baru-baru ini membeli kembali sebidang properti seharga US$ 45,5 juta (Rp 721 miliar). Ia telah menjual properti itu kepada pensiunan bintang bisbol Alex Rodriguez pada tahun 2020 sebagai bagian dari pertukaran tanah.

Jeff Bezos juga bergabung dengan klub pantai miliarder, menghabiskan $150 juta (Rp 2,3 triliun) untuk dua properti yang bersebelahan di Indian Creek Village. Kedua properti tersebut memberinya gabungan lahan seluas 4,6 hektar.

“Pasar perumahan mewah dan kelas atas tampaknya tidak terikat dengan suku bunga hipotek dan perekonomian saat ini,” tambah Jonathan Miller. “Baik Palm Beach dan Miami Beach tidak terpengaruh oleh tren suku bunga.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*